Panduan Ahli: Cara Memotong Acrylic Perspex

Acrylic PerspexAcrylic Perspex – Salah satu manfaat utama dari Acrylic Perspex dalam banyak aplikasi praktis dan estetika – di luar kekuatannya, ketahanan benturan, dan kejelasan yang luar biasa – adalah betapa mudahnya untuk bekerja dengan bahan yang satu ini. Lembaran akrilik dapat dipotong dengan peralatan bengkel standar termasuk gergaji tangan dan gergaji listrik, dan Perspex dowel atau blok dapat dimesinkan menggunakan mesin penggilingan berkecepatan tinggi konvensional dengan hasil yang sangat baik.

Ada banyak pemasok plastik yang dapat memalsukan Perspex sebelum mengantarkannya, tetapi kemudahan dimana akrilik dapat dipotong dan dipoles membuatnya mudah bahkan bagi yang tidak tahu untuk menyelesaikan materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentu saja hasil yang dicapai dengan menggergaji material tidak akan pernah cocok dengan presisi dan tepi yang bersih dari potongan laser akrilik, tetapi mereka akan lebih dari cukup dalam sebagian besar keadaan.

Baca juga: Toko Akrilik Kualitas Terbaik

Dalam artikel ini kita akan mengeksplorasi cara memotong Acrylic Perspex, dengan beberapa tips tentang cara membuat bahan ini di rumah.

Gergaji tangan

Dimungkinkan untuk memotong lembaran akrilik dengan tangan melalui gergaji, meskipun itu memakan waktu dan akan membutuhkan pemolesan meluas untuk membawa transparansi dan bersinar kembali ke Perspex. Pilih gergaji dengan jumlah gigi per inci yang tinggi dan berhati-hatilah untuk menjepit lembaran dengan kuat untuk mengurangi getaran dan meminimalkan serpihan.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan gergaji listrik seperti gergaji ukir dengan gigi miring pada pengaturan orbital.

Score and Break

Lembaran plastik tipis – yang kurang dari ¼” (6.35mm) dengan ketebalan – tidak memerlukan alat listrik atau gergaji untuk memotong tepi yang lurus dan dapat diperlakukan dengan cara yang sama seperti kaca. Menggunakan scoring tool yang sangat tajam, klem, meja atau meja kerja dengan tepi lurus dan aturan logam, adalah mungkin untuk membuat clean break dalam lembaran.

Anda perlu score sekitar 1/8 dari jalan melalui materi, jadi lebih dari satu pass akan diperlukan. Score tidak akan sedalam pada awal score karena akan berada di akhir, jadi pastikan untuk membalikkan materi untuk mencetak score di kedua arah. Jika memungkinkan, score dari kedua sisi lembaran untuk membuat snap lebih mudah dan break cleaner.

Setelah puas dengan scoring, pastikan bahwa lembaran dijepit dengan kuat dengan tepi meja tepat di bawah score. Menerapkan tekanan ke bawah sampai lembaran terkunci.

Gergaji ukir

Jika hanya alat daya genggam yang tersedia, gergaji ukir (jigsaw) dapat digunakan dengan sedikit perhatian dan persiapan. Pilih pisau dengan kedalaman yang berkurang dan gigi yang sangat tajam, dan luangkan waktu untuk bereksperimen dengan kecepatan sebelum membuat potongan akhir.

Keuntungan menggunakan gergaji ukir adalah kemampuan untuk memotong bentuk dengan sudut membulat, namun memotong terlalu lambat dapat melelehkan akrilik dan menerapkan terlalu banyak tekanan dapat menyebabkan tepi menjadi keping. Menggunakan minyak pelumas dapat membantu mencegah gesekan dari bangunan ke titik dimana akrilik mulai mencair, tetapi berhati-hati untuk menghindari pelumas atau aerosol yang mudah terbakar karena ini adalah bahaya kebakaran.

Jika gergaji ukir Anda memiliki pengaturan yang berbeda, bereksperimenlah dengan mereka untuk mengukur hasil yang didapatkan. Sebagai contoh, gerakan lurus ke atas dan bawah dapat menyebabkan plastik kembali meleleh bersama setelah dipotong, tetapi gerakan orbital dengan pisau yang sama akan menghasilkan tepi yang bersih.

Gergaji pita

Jika tepi melengkung atau bentuk yang tidak biasa adalah apa yang Anda butuhkan, gergaji pita adalah alat terbaik yang digunakan untuk memotong akrilik. Sebagai panduan kasar untuk hasil terbaik, karena ketebalan lembaran Perspex meningkat, jumlah gigi per inci pada pisau akan menurun.

Saat memotong Perspex dengan ketebalan lebih dari 0.472 inci, gunakan bilah ‘skip tooth’ atau ‘buttress’ dengan sangat sedikit gigi per inci. Pisau ini dibuat khusus untuk digunakan dengan bahan yang lebih lembut dan akan mempertahankan ketajamannya dengan lebih baik, menghasilkan tepi yang bersih dan konsisten yang hanya membutuhkan sedikit pemolesan untuk mengembalikan kilau dan transparansi pada akrilik.

Saat memotong lembaran akrilik, letakkan sikat yang kaku sehingga mereka menyentuh ban yang mendorong pisau. Ini akan membersihkan penumpukan serbuk gergaji yang dapat menyebabkan bilah pisau mati. Jika Perspex dibongkar, cegah goresan dengan melapisi kertas dengan karton, dan gerakkan gergaji lebih lambat jika bahannya lebih tebal – ini akan mencegah pelelehan dan pembengkokan plastik.

Laser Cutting

Tidak dapat dipungkiri, laser cutting acrylic dengan program grafis komputer dan mesin laser cutting CO2 menghasilkan hasil yang paling bersih dan paling akurat. Akses ke mesin seperti itu umumnya disediakan untuk pakaian komersial dan perusahaan yang mampu membeli peralatan semacam itu, tetapi banyak perakit plastik komersial menawarkan jasa pemotongan laser untuk konsumen individu.

Menggunakan pemotong laser adalah proses yang cukup sederhana; grafik vektor ‘dicetak’ dari komputer yang memilih pemotong laser sebagai printer. Dalam beberapa menit, salinan sempurna dari grafik dipotong dalam akrilik dengan sangat bersih, tepi yang dipotong dengan presisi.

Laser cutting memungkinkan sejumlah besar kreativitas dalam memotong akrilik, termasuk cut-out dan detail halus yang tidak dapat dicapai dengan salah satu metode lain yang tercantum di sini. Tepian yang sudah selesai membutuhkan sedikit pemolesan untuk memunculkan transparansi Perspex, dan banyak benda akrilik yang biasa ditemukan dipotong menggunakan metode ini – termasuk gantungan kunci dan materi promosi lainnya.

Ada sejumlah metode bagaimana memotong Perspex yang dapat digunakan untuk memenuhi hampir semua tujuan, dan yang mana yang Anda pilih benar-benar tergantung pada kebutuhan dan sumber daya Anda. Memotong tepi lurus dalam lembaran akrilik tipis dapat sesederhana seperti mencetak garis dan memotret material seperti yang Anda lakukan dengan kaca atau ubin keramik, tetapi memotong bentuk kompleks dan kreatif dari akrilik akan memerlukan akses ke pemotong laser.

Baca Juga : Jual Acrylic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *